Iklan

https://www.prigelnews.com/html

SERDANG BEDAGAI KRISIS PENDIDIKAN

Minggu, 17 Oktober 2021, Oktober 17, 2021 WIB Last Updated 2021-10-18T00:45:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Prigelnews.com | Sergai - Sudah Dua Tahun Lebih Sejak Pendaftaran Dibuka, Pemberian Bantuan Beasiswa Kepada Mahasiswa Serdang Bedagai Tidak Kunjung Direalisasikan!

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Hal ini disebabkan pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Jati diri bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang ada. Untuk itu diperlukan kader terbaik bangsa yang memiliki kecerdasan tinggi, sikap dan mental prima, daya juang dan daya saing tinggi, serta kemampuan handal dan nasionalisme sejati. Indonesia harus segera melakukan strategi baru dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas bangsa melalui pendidikan yang berkualitas. Sehingga diharapkan mampu menghasilkan manusia-manusia yang unggul, cerdas dan kompetitif.

Seiring dengan berjalannya waktu dan pembangunan dibidang pendidikan, peranan perguruan tinggi sangat penting untuk menyiapkan peserta didik menjadi manusia yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang mampu menerapkan. mengembangkan, dan menciptakan ilmu pengetahuan. Permasalahan yang terjadi adalah mahalnya biaya pendidikan yang menyebabkan pendidikan tersebut tidak bisa merata dirasakan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan, Bagian Kelima, Pasal 27 ayat (1), menyebutkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah sesuai kewenangannya memberi bantuan biaya pendidikan atau beasiswa kepada peserta didik yang orang tua atau walinya tidak mampu membiayai pendidikannya.

Sejalan dengan peraturan perundang-undangan, Pada tanggal 10-30 oktober 2019 pemerintahan kabupaten serdang bedagai membuka pendaftaran penerimaan beasiswa bagi mahasiswa serdang bedagai yang kurang mampu. Hal ini sangat diapresiasi oleh mahasiswa serdang bedagai atas kepedulian Pemerintahan kabupaten serdang bedagai karena banyak mahasiswa/i serdang bedagai yang masih kekurangan/kesulitan dalam memenuhi biaya pendidikannya di perguruan tinggi.

Penerima beasiswa sudah diumumkan oleh dinas pendidikan serdang bedagai. Namun sampai sekarang perealisasian pemberian bantuan beasiswa tidak kunjung terwujud, bahkan terhitung sudah 2 tahun semenjak pembukaan pendaftaraan beasiswa tersebut. Upaya telah dilakukan oleh mahasiswa penerima bantuan untuk mendapatkan hak nya,bahkan sudah  audensi beberapa kali baik ke dinas pendidikan serdang bedagai dan kesra serdang bedagai. Namun sampai saat ini harapan seluruh penerima beasiswa belum juga direalisasikan.

ismawati Sinaga dan Sri indah julianty mahasiswa penerima beasiswa menginformasikan hasil diskusinya dengan pihak kesra serdang bedagai di media whatshaap pada tanggal 13 agustus 2021, informasi yang didapat bahwa “mengenai beasiswa Dari 2019,2020,2021 bapak kabag mengatakan  untuk beasiswa 2020 tidak ada masalah mengenai pemberkasan mahasiswa dan masalahnya ada di bupati yg tidak menandatangani berkas kita dan mnyebabkan verifikasi tidak lengkap sehingga tidak cair dan dana  tersebut tidak ada dialihkan kemanapun. Mengenai tahun 2021 pemberkasan kita tidak ada bermasalah lagi dan sudah lengkap. Dan sudah di tanda tanganin dengan bapak bupati yg sekarang sudah dilantik.  Anggaran kita sudah ada. Namun sedang menunggu PAPBD Hanya tinggal menggu ketuk palu oleh DPRD Paripurna di bulan 9 atau bulan 10 cair.  Dan dipastikan cair karena Mereka sudah rapat dengan kadis”.

Bupati serdang bedagai memiliki visi-misi yaitu mewujudkan Kabupaten Sergai yang mandiri, sejahtera dan religius.  Sesuai visi misi bapak bupati serdang bedagai “sejahtera”, kami mengharapkan adanya kesejahteraan bagi mahasiswa yang kurang mampu di serdang bedagai karena saat ini kesejahteraan itu belum kami rasakan. Kami meminta kepada pemerintah kabupaten serdang bedagai dalam hal ini pemimpin kami bapak bupati serdang bedagai agar merealisasikan pemberian bantuan beasiswa mahasiswa kurang mampu di serdang bedagai sesuai informasi yang didapat pada kesra sergai dan dengan nominal yang sesuai dengan harapan kami. Kami juga meminta bupati  serdang bedagai agar memberikan perhatian lebih untuk dunia pendidikan karena sektor pendidikan adalah salah satu sektor yang juga terdampak Covid-19.

Pria Mitra
Masyarakat Serdang Bedagai
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Anggota Persatuan mahasiswa serdang bedagai (PERMAS SERGAI)

Komentar

Tampilkan

Terkini